Andreas Eddy : Lahan Tidur Milik PTPN Sebaiknya Dikelola Warga

9 petani asal Desa Tegalrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang melakukan long march dengan berjalan kaki dari Malang ke Jak...

9 petani asal Desa Tegalrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang melakukan long march dengan berjalan kaki dari Malang ke Jakarta untuk mengadukan nasib mereka ke Presiden Jokowi.
JAKARTA-Banyaknya lahan milikPT Perkebunan Nasional (PTPN) yang dibiarkan tanpa dikelola alias menjadi lahan tidur menjadi sorotan Komisi VI DPR RI. Pasalnya, kondisi tersebut akan berpotensi pada hilangnya asset negara itu atau menjadi sengketa dengan warga sekitar yang berinisiatif mengelola lahan milik PTPN. Pernyataan itu disampaikan anggota Komisi XI DPR RI, Andreas Eddy Susetyo.

Karena itu, anggota Fraksi PDI Perjuangan ini meminta PTPN agar menyerahkan lahan tidur yang mereka miliki untuk dikelola warga sekitar. Tentunya, hal itu didasarkan pada kerjasama yang saling menguntungkan. Disatu sisi, warga bisa memanfaatkan lahan tersebut untuk sumber kehidupan. Dilain sisi, PTPN mendapat keuntungan dari sewa lahan kepada warga.

“Selain itu, asset PTPN pun aman dari penyerobotan atau perusakan, karena warga sekitar akan ikut menjaga lahan itu,” tutur Andreas, usai hearing dengan petani penggarap lahan dari Malang, Kamis (13/4).

Anggota parlemen asal daerah pemilihan Jatim V yang meliputi wilayah Malang Raya itu mengingatkan, kerjasama usaha (KSU) antara pihak PTPN dengan warga penggarap lahan harus dilakukan secara transparan dan saling menguntungkan. Karena itu, Andreas menyayangkan terjadinya sengketa lahan antara warga Desa Tegalrejo, Kecamatan Sumber Manjing Wetan (Sumawe), Kabupaten Malang dengan PTPN XII Pancursari.

Menurutnya, kalau kedua pihak mau bermusyawarah tak perlu ada sengketa lahan antara warga dengan PTPN. Terlebih, sengketa lahan yang terjadi belakang  kerap diwarnai bentrokan fisik. Karena itu, DPR RI mengambil inisiatif untuk menerima 9 perwakilan warga Tegalrejo untuk mendengar langsung permasalahan yang ada.

“Warga Tegalrejo, Malang ini jalan kaki dari Malang hingga Jakarta untuk mengadukan masalah mereka kepada  Presiden Jokowi . Saat sudah berada di daerah Cikampek, kami menjemput mereka ke DPR. Kami akan perjuangkan aspirasi warga dari parlemen,” tegas Andreas.

Sementara itu, Ari Ismanto mengungkapkan, dirinya bersama 8 warga Tegalrejo lainnya memutuskan jalan kaki dari Malang ke Jakarta karena mediasi yang difasilitasi oleh Muspika Kabupaten Malang selalu berakhir buntu. Karena itu, pihaknya memutuskan untuk mengadukan masalah ini langsung ke Presiden Jokowi.

“Mediasi di Malang sudah buntu, karena kami putuskan mengadukan masalah ini kepada Presiden. Tapi di Cikampek, kami dijemput dan diantar bertemu anggota DPR RI. Kami berharap mereka (DPR RI) bisa memperjuangkan nasib kami,” ucap pria yang juga kepala desa Tegalrejo ini.

Seperti diketahui, permasalahan yang ingin disampaikan kepada Presiden Jokowi tersebut menyangkut berakhirnya KSU antara warga dengan PTPN XII Pancursari. Lantaran, lahan milik perkebunan yang digarap warga seluas 80 hektar, tetapi dalam catatan PTPN XII, luasnya membengkak hingga 177 hektar. Akibatnya, harga pinjam sewayang harus ditanggung warga melonjak setiap tahun, dari semula R8 juta menjadi Rp11,5 juta.

COMMENTS

Nama

Birokrasi,49,Bisnis,28,Daerah,28,Desa,3,Gaya Hidup,39,Headline,512,Hukum,20,Kesehatan,11,NU,30,Olahraga,7,Opini,1,Parlemen,18,Pendidikan,34,PilgubJatim,11,Pilkada,27,Politik,100,Religi,24,Sosial,112,video kanal jatim,2,
ltr
item
Kanal Jatim: Andreas Eddy : Lahan Tidur Milik PTPN Sebaiknya Dikelola Warga
Andreas Eddy : Lahan Tidur Milik PTPN Sebaiknya Dikelola Warga
https://4.bp.blogspot.com/-VrTAn0LfSTg/WO-IjnGxyYI/AAAAAAAAAmg/1UwcmQdZI-srXtaFgOtKOCKeVCDVOt0lwCLcB/s320/longmarch_malang_jakarta.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-VrTAn0LfSTg/WO-IjnGxyYI/AAAAAAAAAmg/1UwcmQdZI-srXtaFgOtKOCKeVCDVOt0lwCLcB/s72-c/longmarch_malang_jakarta.jpg
Kanal Jatim
http://www.kanaljatim.com/2017/04/andreas-eddy-lahan-tidur-milik-ptpn.html
http://www.kanaljatim.com/
http://www.kanaljatim.com/
http://www.kanaljatim.com/2017/04/andreas-eddy-lahan-tidur-milik-ptpn.html
true
9142114500592638212
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy