IPNU dan IPPNU gelar Silatnas ke-6 PKPT Se-Nusantara

MALANG-Ratusan Kader  Pimpinan IPNU dan IPPNU berkumpul di Kota Malang guna mengikuti Silaturahmi Nasional Pimpinan Komisariat Perguruan...


MALANG-Ratusan Kader  Pimpinan IPNU dan IPPNU berkumpul di Kota Malang guna mengikuti Silaturahmi Nasional Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (Silatnas PKPT) ke-6 Se-Nusantara.
Acara yang mengambil tema Rekonstruksi Strategi Kaderisasi Untuk Menyongsong PKPT IPNU-IPPNU Go Internasional itu digelar pada Jumat-Minggu, 11-13 Mei yang berlangsung di Hall Ibnu Sina Universitas Islam Malang.
Ketua Panitia Silatnas ke-6 PKPT IPNU-IPPNU Se-Nusantara, Achmad Faisal Muzakki menyatakan acara yang berlangsung dari Jumat hingga Minggu ini berlangsung sukses dan membuat sejumlah rekomendasi penting.
"Acara Silatnas ini padat sekali yang terdiri atas stadium general yang menghadirkan keynote speaker, FGD (Fokus Group Discussion), sarasehan serta sidang komisi untuk membuat rekomendasi. Alhamdulillah berjalan lancar hingga akhir penutupan hari ini," tutur Ahmad Faisal, Jumat (11/5).
Faisal menegaskan bahwa IPNU dan IPPNU sangat konsen terkait penguatan wawasan kebangsaan guna selalu mengedepankan nilai-nilai keislaman dalam ranah kebudayaan Indonesia yang cinta damai.

"Materi Wawasan Nusantara dan Kebangsaan yang merupakan inti dari materi motivasi organisasi yang dibawakan Ustad Fatah (Fattah Hidayat, Dewan Pakar Bank Muamalat Se-Indonesia) sangat mengena sekali. IPNU dan IPPNU akan jadi garda terdepan dalam menangkal radikalisme dan dalam hal ini kami mengecam aksi pemboman 3 gereja yang terjadi di Surabaya Minggu pagi tadi," tegasnya.

Disisi lain, Ustad Fattah Hidayat menyampaikan bahwa sebagai organisasi kader yang berada di bawah naungan Nahdatul Ulama, mesti mengambil peran besar dalam kontek kebangsaan dan keumatan.

"IPNU dan IPPNU harus mengedepankan motivasi organisasinya pada sandaran dua hal yaitu wawasan nusantara dan wawasan kebangsaan. Kedua dimensi sudut pandang itu [nusantara dan kebangsaan] menjadi urgen dipahami di era kekinian agar IPNU dan IPPNU tetap bisa berkiprah tanpa kehilanngan jatidirinya sebagai seorang muslim dan orang Indonesia yang cinta damai," kata Fattah yang juga Ketua Jurusan Psikologi Universitas Negeri Malang itu.

Wawasan Nusantara dan kebangsaan, kata Fattah, mesti diperkuat sehingga berdampak besar pada persatuan dan kesatuan bangsa.

Fattah melanjutkan wujud itu akan mengejawantahkan pada enam dimensi yaitu penghargaan atas harkat dan martabat manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa, tekad bersama dalam berbangsa yang bebas, merdeka dan bersatu.

Pada sisi lain, hal itu juga berdimensi cinta tanah air dan bangsa, berdemokrasi yang berkedaulatan rakyat, kesetiakawanan sosial serta bertujuan untuk masyarakat yang adil dan makmur.

Fattah menegaskan pada kontek itu dibutuhkan wadah komunikasi bagi kader NU dalam menghadapi problem kebangsaan.
Pada kesempatan yang sama, Ketua Forum Santri Nasional (Forsana), KH Thoriq Darwis Bin Ziyad menyatakan dirinya dan lembaganya sangat mengapresi eksistensi kesejarahan dan kiprah IPNU dan IPPNU.

"Sesungguhnya Forsana adalah sebuah keniscayaan sebagai wadah komunikasi dan informasi bagi kader-kader NU dan pemuda yang taat akan NKRI," kata Gus Thoriq yang juga alumnus IPNU dan saat ini sebagai pengasuh Pondok Pesantren Babussalam Gondanglegi Kabupaten Malang. (gus)

COMMENTS

Nama

Birokrasi,83,Bisnis,44,Daerah,33,Desa,8,Gaya Hidup,48,Headline,737,Hukum,23,Kesehatan,14,l,1,NU,61,Olahraga,11,Opini,2,Parlemen,34,Pendidikan,54,PilgubJatim,11,Pilkada,28,Pilpres,10,Politik,138,Religi,40,Sosial,130,video kanal jatim,2,
ltr
item
Kanal Jatim: IPNU dan IPPNU gelar Silatnas ke-6 PKPT Se-Nusantara
IPNU dan IPPNU gelar Silatnas ke-6 PKPT Se-Nusantara
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh38jzO3K-_vWOOoOxYtm-htZJ57eT5149WrgB7ER4vH8-8QrQAZLNdAiwwQapiMZBuV1lsR2we2pXyaEtcdAe1LuXFa_lccY8j5FehyWUYLe9K-PikH2x026UCDmqOXU56pYaBjPD9ZwMS/s320/silatnas_ipnu.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh38jzO3K-_vWOOoOxYtm-htZJ57eT5149WrgB7ER4vH8-8QrQAZLNdAiwwQapiMZBuV1lsR2we2pXyaEtcdAe1LuXFa_lccY8j5FehyWUYLe9K-PikH2x026UCDmqOXU56pYaBjPD9ZwMS/s72-c/silatnas_ipnu.jpg
Kanal Jatim
http://www.kanaljatim.com/2018/05/ipnu-dan-ippnu-gelar-silatnas-ke-6-pkpt.html
http://www.kanaljatim.com/
http://www.kanaljatim.com/
http://www.kanaljatim.com/2018/05/ipnu-dan-ippnu-gelar-silatnas-ke-6-pkpt.html
true
9142114500592638212
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy