PKB Menang, Fandi Utomo Berpeluang Maju Pilwali Surabaya

SURABAYA-Pernyataan Ketua PC Muslimat Kota Surabaya Lilik Fadhilah bahwa Fandi Utomo layak untuk menjadi Wali Kota Surabaya harus dipert...


SURABAYA-Pernyataan Ketua PC Muslimat Kota Surabaya Lilik Fadhilah bahwa Fandi Utomo layak untuk menjadi Wali Kota Surabaya harus dipertimbangkan oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Pasalnya, Fandi Utomo saat ini berkhidmat di Partai pimpinan Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) tersebut.

Selain itu, di Pileg 2019, PKB harus berjuang untuk menambah jumlah kursi di DPRD Kota Surabaya. Saat ini, PKB hanya memiliki 5 kursi. Jika persyaratan untuk mengusung calon adalah 20 persen di kursi parlemen maka PKB masih kurang 5 kursi lagi. Karena itu, Fandi sebagai calon anggota legislatif (Caleg) PKB dari daerah pemilihan Kota Surabaya hatus ikut mendongkrak suara PKB di Kota Surabaya.

Pengamat Politik Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Airlangga Pribadi Kusman mengatakan, dilihat dari konstalasi Pilkada serentak tahun ini, PKB memiliki pekerjaan berat di Surabaya. 

"Pileg ini PKB punya pekerjaan berat. Dia harus mengkonsolidasikan kekuatan-kekuatan NU. Karena tidak semua kekuatan itu satu jalur politik dengan PKB. Contohnya di Pilkada kemarin, PKB kalah di Surabaya," kata Airlangga, Selasa (24/7). 

CEO The Initiative Institute menambahkan, dapat ditebak bahwa basis politik dari Kalangan NU tidak utuh. Ada sebagian besar yang tidak ke PKB. Nah ini, lanjut Angga, yang harus diantisipasi adalah kalangan uslimat. 

"Di pilkada kemarin justru mobilitas dukungan ke Khofifah bukan ke PKB. Artinya, kepada pasangan yang diusung oleh PKB," tambahnya. 

Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unair ini juga menyebut, pernyataan Ketua PC Muslimat Surabaya juga layak dipertimbangkan. Karena, dari track record yang ada, Fandi Utomo punya pengalaman pernah mencalonkan diri sebagai Wali Kota Surabaya dalam Pilwali 2010 lalu. Sehingga layak kalau ia maju Pilwali Surabaya tahun 2020.

"Tentunya PKB akan lebih mudah mengusung Fandi Utomo karena dia sudah mengetahui medan pertarungan," jelasnya. 

Bagi Fandi Utomo sendiri, lanjut Angga, punya pekerjaan berat. Yakni, harus bisa mengkonsolidasikan kekuatan-kekuatan politik di kalangan NU. Terlebih lagi, setelah perhelatan Pilkada serentak. 

"Karena Pak Fandi tidak berangkat dari politik kalangan NU maka dia kemudian harus bekerja keras untuk membangun dukungan politik di kalangan santri," pungkas Angga.

Sebelumnya, Ketua PC Muslimat Surabaya Lilik Farida menyebut Fandi Utomo layak jadi Walikota Surabaya. Hal ini dilontarkan di hadapan ribuan anggota Muslimat yang hadir dalam tasyakuran dan doa bersama pasca Pilgub Jatim di Kawasan Simopomahan, Surabaya. 

"Pak Fandi niki calon walikota tapi dulu. Nanti Pak Fandi harus jadi walikota Surabaya," kata Lilik disambut tepuk tangan anggota muslimat yang hadir. (gus)

COMMENTS

Nama

Birokrasi,49,Bisnis,28,Daerah,28,Desa,3,Gaya Hidup,39,Headline,514,Hukum,20,Kesehatan,11,NU,30,Olahraga,7,Opini,1,Parlemen,19,Pendidikan,34,PilgubJatim,11,Pilkada,27,Politik,101,Religi,24,Sosial,112,video kanal jatim,2,
ltr
item
Kanal Jatim: PKB Menang, Fandi Utomo Berpeluang Maju Pilwali Surabaya
PKB Menang, Fandi Utomo Berpeluang Maju Pilwali Surabaya
https://4.bp.blogspot.com/-1M_gNNdmHJ0/W1grXsFztWI/AAAAAAAADjU/UDmLvkLeuDsMoICgSD2NzcyDdtHD0WRKgCLcBGAs/s320/fandi-utomo.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-1M_gNNdmHJ0/W1grXsFztWI/AAAAAAAADjU/UDmLvkLeuDsMoICgSD2NzcyDdtHD0WRKgCLcBGAs/s72-c/fandi-utomo.jpg
Kanal Jatim
http://www.kanaljatim.com/2018/07/pkb-menang-fandi-utomo-berpeluang-maju.html
http://www.kanaljatim.com/
http://www.kanaljatim.com/
http://www.kanaljatim.com/2018/07/pkb-menang-fandi-utomo-berpeluang-maju.html
true
9142114500592638212
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy