Kanjeng Raden Ario Ipong Muchlissoni Pimpin Prosesi Bedol Pusaka

PONOROGO-Menjelang peringatan 1 Suro yang digelar Pemkab Ponorogo, tiga pusaka yang selama ini disimpan di Pringgitan komplek Pendopo Agung ...

PONOROGO-Menjelang peringatan 1 Suro yang digelar Pemkab Ponorogo, tiga pusaka yang selama ini disimpan di Pringgitan komplek Pendopo Agung Ponorogo dibawa keluar untuk kemudian diarak. Tiga pusaka itu adalah Songsong Tunggul Wulung, Angkin Cinde Puspita dan Tombak Tunggul Naga.


Prosesi pelepasan itu dipimpin langsung Kanjeng Raden Ario Ipong Muchlissoni, Bupati Ponorogo ke-26. Tiga pusaka itu merupakan peninggalan Bupati Ponorogo pertama, Batara Katong. Jimat Ponorogo itu kemudian diarak dari Pendopo Agung yang merupakan pusat pemerintahan Kabupaten Ponorogo saat ini menuju ke Pasar Pon yang merupakan pusat pemerintahan Ponorogo lama.


"Tradisi bedol pusaka ini sebagai napak tilas sejarah Kabupaten Ponorogo dari ibukota saat ini ke ibukota lama di wilayah Pasar Pon. Selanjutnya pusaka-pusaka itu di bawa kembali ke Pendopo Agung untuk dijamas (dicuci)," urai Ipong Muchlissoni, Senin (10/9) dini hari.


Prosesi Bedol Pusaka berlangsung dengan khidmat. Satu peleton Brigada yang merupakan prajurit pengawal kraton. Para prajurit itu dipimpin seorang Senopati.


Sebelum berangkat, Bupati Ponorogo mengalungkan untaian bunga melati kepada para Brigada. Hal itu bagian dari doa restu dari Bupati agar prosesi Bedol Pusaka berjalan lancar.


"Para Brigada ini adalah orang-orang yang tulus dan ikhlas. Mereka berjalan kaki sejauh 11 kilometer untuk mengarak pusaka menuju pendopo lama," ujar Ipong.


Bupati Ponorogo yang dikenal 'gila budaya' ini mengungkapkan, prosesi Bedol Pusaka adalah rangkaian dari acara Grebeg Suro dalam menyambut 1 Suro yang merupakan awal tahun baru Islam.


Ipong berharap tradisi Grebeg Suro ini tidak hanya bagian dari merawat tradisi dan menjaga entitas serta kebudayaan Kabupaten Ponorogo. Tetapi juga menjadi obyek wisata dan hiburan bagi warga Ponorogo. Ratusan ribu orang tumplek blek. Baik mereka yang tinggal di Kabupaten Ponorogo, maupun yang tinggal di perantauan.


"Saya dapat laporan dari Kadishub kalau penumpang yang turun di terminal pekan ini bertambah 4 kali lipat dari hari biasa. Laporan dari Kepala Dinas Pariwisata, hunian hotel juga penuh pada pekan ini. Fakta ini membuktikan tradisi Grebek Suro sudah menjadi magnet bagi wisatawan. Ini trend yang baik untuk meningkatkan PAD dan perekonomian warga," pungkas Bupati asli Ponorogo ini.

COMMENTS

Nama

Birokrasi,49,Bisnis,28,Daerah,28,Desa,3,Gaya Hidup,39,Headline,512,Hukum,20,Kesehatan,11,NU,30,Olahraga,7,Opini,1,Parlemen,18,Pendidikan,34,PilgubJatim,11,Pilkada,27,Politik,100,Religi,24,Sosial,112,video kanal jatim,2,
ltr
item
Kanal Jatim: Kanjeng Raden Ario Ipong Muchlissoni Pimpin Prosesi Bedol Pusaka
Kanjeng Raden Ario Ipong Muchlissoni Pimpin Prosesi Bedol Pusaka
https://lh3.googleusercontent.com/-FP110whMpZ0/W5YadE_Uo-I/AAAAAAAADus/YWIJ00LSToY9FTPSExaLAFK1r1Su5QbywCHMYCw/s640/IMG-20180910-WA0041.jpg
https://lh3.googleusercontent.com/-FP110whMpZ0/W5YadE_Uo-I/AAAAAAAADus/YWIJ00LSToY9FTPSExaLAFK1r1Su5QbywCHMYCw/s72-c/IMG-20180910-WA0041.jpg
Kanal Jatim
http://www.kanaljatim.com/2018/09/kanjeng-raden-ario-ipong-muchlissoni.html
http://www.kanaljatim.com/
http://www.kanaljatim.com/
http://www.kanaljatim.com/2018/09/kanjeng-raden-ario-ipong-muchlissoni.html
true
9142114500592638212
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy