Minat Menjadi Banser Makin Tinggi

SURABAYA-Barisan Ansor Serbaguna (Banser) kerap menjadi sasaran bully terutama di media sosial (medsos). Terlebih pasca insiden pembakaran b...

SURABAYA-Barisan Ansor Serbaguna (Banser) kerap menjadi sasaran bully terutama di media sosial (medsos). Terlebih pasca insiden pembakaran bendera HTI di Limbangan, Garut, Jawa Barat. Pasca insiden bendera itu, cacian kepada Banser semakin deras mengalir.

Namun alih-alih Banser dan Ansor sebagai induk organisasinya melemah. Sebaliknya, justru Banser semakin kuat. Terbukti minat untuk menjadi anggota Banser semakin tinggi. Hal itu berkaca dari peserta pendidikan latihan dasar (Diklatsar) Banser ke-2 yang diselenggarakan oleh Gerakan Pemuda Ansor Kota Surabaya.

"Peserta Diklatsar Banser kali ini ada 200 orang, semuanya ber KTP Surabaya. Sedangkan Diklatsar sebelumnya jumlah peserta 125 orang. Peningkatannya hampir 100 persen. Ini membuktikan minat pemuda dan pemudi NU untuk mengabdi sebagai Banser semakin tinggi," tutur HM. Faridz Afif, Ketua GP Ansor Kota Surabaya, Ahad (4/11).

Pria yang akrab disapa Gus Afif ini mengungkapkan, tingginya minat anak muda Kota Surabaya untuk menjadi Banser adalah berkat kiprah nyata Banser di masyarakat selama ini. Karena itu, kampanye negatif yang menyudutkan Banser selama ini tidak terlalu berpengaruh. Karena faktanya justru makin banyak yang bergabung menjadi Banser.

Caleg DPRD Jatim daerah pemilihan Kota Surabaya ini menambahkan, kalau tidak dibatasi peminat menjadi Banser akan semakin membludak. Padahal para calon peserta diklatsar itu bayar dan harus menyiapkan sendiri perlengkapan. Sebab panitia hanya menyiapkan materi pelatihan.

"Mereka ini orang-orang yang ikhlas. Mau gabung Banser rela ikut pelatihan. Padahal Banser itu tidak ada gajinya. Seragam dan sepatunya beli pakai uang sendiri. Ini membuktikan menjadi Banser adalah panggilan jiwa," imbuh alumni pasca sarjana Unair tersebut.

Putera politisi senior PKB, Ali Yakub ini menjelaskan, menjadi Banser tidak mudah dan bukan buat gagah-gagahan. Seluruh calon anggota Banser wajib mengikuti Diklatsar. Ini untuk memberikan keterampilan dan membentuk mental para calon anggota Banser.

Untuk Diklatsar II ini berlangsung mulai Jumat - Minggu (2-4 Nopember) di area Pantai Kenjeran. Dari total 200 peserta ada 7 peserta perempuan. Para peserta perempuan secara umum diperlakukan sama dengan  peserta pria. Mereka ini nantinya akan bertugas mengawal Bu Nyai atau Ustadzah.

"Dalam menjalankan tugas, Banser memiliki resiko. Karena itu mereka harus dibekali keterampilan mulai dasar hingga ketrampilan khusus. Banser itu terlatih, kuat secara fisik dan mental. Selain itu wajib disiplin dan loyal pada pimpinan," imbuh panglima tertinggi Banser kota Surabaya ini. (gus)

COMMENTS

Nama

Birokrasi,83,Bisnis,44,Daerah,33,Desa,8,Gaya Hidup,48,Headline,737,Hukum,23,Kesehatan,14,l,1,NU,61,Olahraga,11,Opini,2,Parlemen,34,Pendidikan,54,PilgubJatim,11,Pilkada,28,Pilpres,10,Politik,138,Religi,40,Sosial,130,video kanal jatim,2,
ltr
item
Kanal Jatim: Minat Menjadi Banser Makin Tinggi
Minat Menjadi Banser Makin Tinggi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhaeY_VJmlcJGrRIZxmMPYH1-rP4sJX0o14H9IIBZ7W0sRqChKMP54wli4phk9-F7Us2c1opmxjQEHlo1hNetXR3EBxx6OBcdiUoJfZ2fqywz-SOpxxackuimn4ZPK6J8r3Pl-7-LKlCG_d/s640/IMG-20181104-WA0175.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhaeY_VJmlcJGrRIZxmMPYH1-rP4sJX0o14H9IIBZ7W0sRqChKMP54wli4phk9-F7Us2c1opmxjQEHlo1hNetXR3EBxx6OBcdiUoJfZ2fqywz-SOpxxackuimn4ZPK6J8r3Pl-7-LKlCG_d/s72-c/IMG-20181104-WA0175.jpg
Kanal Jatim
http://www.kanaljatim.com/2018/11/minat-menjadi-banser-makin-tinggi.html
http://www.kanaljatim.com/
http://www.kanaljatim.com/
http://www.kanaljatim.com/2018/11/minat-menjadi-banser-makin-tinggi.html
true
9142114500592638212
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy