NLC Gelar Simposium Lasik

SURABAYA-Sekitar 40 dokter mata se-Jawa berkumpul untuk mempelajari teknologi terbaru lasik atau pengobatan mata dengan teknik sinar laser d...

SURABAYA-Sekitar 40 dokter mata se-Jawa berkumpul untuk mempelajari teknologi terbaru lasik atau pengobatan mata dengan teknik sinar laser di Hotel kawasan Embong Malang, Surabaya, Minggu (2/12). Disamping itu, mereka juga menggelar Mini Symposium Lasik serta rapat umum pemegang saham National Lasik Center (NLC).

Lasik (Laser-Assisted in Situ Keratomileusis) sendiri biasanya selalu direkomendasikan sebagai langkah utama untuk memperbaiki mata minus. Namun, kini ada satu metode baru yang dikenal dengan nama bedah Smile. Refraktif Smile Apakah ini dinilai aman bagi mata melalui generasi ketiga bedah refraktif yang menggunakan laser.

Hal ini disampaikan, dr. Harka Prasetya, SpM(K) selaku founder NLC saat ditemui disela acara. Menurutnya, hadirnya NLC ini untuk menjembatani kepentingan masyarakat, khususnya Indonesia bagian timur. Di mana, Kota Surabaya merupakan sentral wilayah di Indonesia. 

"Nah, kegiatan Simposium ini selain memberikan edukasi, juga untuk membangkitkan motivasi bahwa tindakan ini tidak sulit dilakukan. Sekaligus menjelaskan bahwa tindakan ini tidak penuh dengan risiko, apalagi sulit, berhaya, banyak efek samping itu ternyata tidak. Dan tingkat keamanan dari teknologi ini sangat tinggi," jelasnya.

Harka mencontohkan, tindakan operasi ini tanpa adanya bius karena canggihnya teknologi buatan Jerman. Terlebih kecepatan mesin pun diakui lebih cepat ketimbang gerakan mata. "Jadi, gerakan mata yang halus ini tetap bisa diikuti dengan laser. Sehingga program laser yang sudah kita rencanakan tetap memiliki presisi yang tinggi," katanya.

Terkait tingkat keamanan, Harka memastikan bahwa metode laser sangat aman. Sebab, sejak tahun 2007 silam ia telah melakukan tindakan dan belum pernah ada masalah. "Belum pernah ada kasus pasien menjadi lebih buruk penglihatannya setelah tindakan. Bahkan tingkat keberhasilan teknologi ini lebih dari 95 persen," terangnya.

Hal senada juga disampaikan Direktur Medis NLC, dr. Dini Dharmawidiarini. Menurutnya, keamanan tindakan ini bahkan mesin akan mati secara otomatis kalau pasien takut dan menghindar. "Jadi, tidak akan tembak bagian disekitar mata pasien. Tentunya ini barang baru dan sifatnya bukan massal dengan harga kisaran Rp16,5 miliar," katanya.

Dini menambahkan, munculnya prosedur baru yaitu RelexSmile (Small Incision Lenticule Extraction) merupakan pilihan bedah refraktif generasi ketiga, setelah PRK (Photo Refractive Keratectomy). Di Indonesia, prosedur Smile sudah dapat dilakukan sejak tahun 2015 di Jakarta. Meski sampai sejauh ini, operasi LASIK masih mendominasi tindakan bedah koreksi mata minus.

"Dalam operasi ini, mata akan dilaser dengan teknologi khusus. Jangan khawatir, prosedur Smile telah dinyatakan aman. Prosedur ini tidak memakan waktu lama dan tidak akan menimbulkan rasa sakit," pungkasnya. (gus)

COMMENTS

Nama

Birokrasi,49,Bisnis,28,Daerah,28,Desa,3,Gaya Hidup,39,Headline,516,Hukum,20,Kesehatan,11,NU,30,Olahraga,7,Opini,1,Parlemen,19,Pendidikan,34,PilgubJatim,11,Pilkada,27,Politik,102,Religi,25,Sosial,112,video kanal jatim,2,
ltr
item
Kanal Jatim: NLC Gelar Simposium Lasik
NLC Gelar Simposium Lasik
https://lh3.googleusercontent.com/-NfLGVOSJwb8/XAQFLm_BWhI/AAAAAAAAEgY/oFmo9Rqn37wXyLqTiFHZcKJ-GgnULloPgCHMYCw/s640/IMG-20181202-WA0155.jpg
https://lh3.googleusercontent.com/-NfLGVOSJwb8/XAQFLm_BWhI/AAAAAAAAEgY/oFmo9Rqn37wXyLqTiFHZcKJ-GgnULloPgCHMYCw/s72-c/IMG-20181202-WA0155.jpg
Kanal Jatim
http://www.kanaljatim.com/2018/12/nlc-gelar-simposium-lasik.html
http://www.kanaljatim.com/
http://www.kanaljatim.com/
http://www.kanaljatim.com/2018/12/nlc-gelar-simposium-lasik.html
true
9142114500592638212
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy