Sadeng Kejayaan Jember Masa Lampau

JEMBER-Dahulu kala di Nusantara ini banyak berdiri kerjaan besar dan memiliki pengaruh yang kuat, termasuk kerajaan yang berpusat di Jawa ...

JEMBER-Dahulu kala di Nusantara ini banyak berdiri kerjaan besar dan memiliki pengaruh yang kuat, termasuk kerajaan yang berpusat di Jawa Timur. Namun publik hanya mengenal segelintir kerajaan yang berpusat di Jawa Timur, seperti Majapahit dengan pusat kerajaan di Mojokerto dan Dhoho dengan pusat kerajaan di Kediri.

Sejatinya, ada beberapa kerajaan yang berdiri dan eksis di Jatim pada masa lampau. Salah satunya Kerajaan Sadeng. Kerajaan ini memiliki wilayah kekuasaan di sekitar Kabupaten Jember dan Bondowoso saat ini. Dengan ibukota kerajaan terletak di wilayah Puger, Jember. Ironisnya, pemerintah daerah maupun provinsi kurang memberi peran dalam menggali sejarah Kerajaan Sadeng.

"Di Nusantara ini pernah berdiri Kerajaan Sadeng yang berpusat di Puger. Kerajaan ini menjadi lumbung pangan. Bahkan mensuplai kebutuhan pangan kerajaan Majapahit yang merupakan kerajaan besar. Warga Jatim dan khususnya Jember harus tahu sejarah ini, apalagi warga Kecamatan Puger," tutur pengamat sejarah," Yopi Setiyo Hadi, berdasarkan rilis yang diterima redaksi, Minggu (14/4).

Yopi mengungkapkan Kerajaan Sadeng ni memperkaya khazanah sejarah dan budaya Jawa Timur. Karena  itu pihaknya melakukan penelitian tentang Kerajaan Sadeng ini sejak tahun 2007. Bahkan pada Kamis (11/4) lalu, pihaknya menggelar diskusi di Gedung PAUD Dusun Gedangan Desa Puger Kulon, Kecamatan Peter, Kabupaten Jember.

Dalam diskusi yang diikuti oleh aktivis mahasiswa dan pemuda Puger itu pihaknya mengupas tentang Kerajaan Sadeng. Karena literatur tentang kerajaan ini tergolong minim. Kalaupun ada literatur yang menuliskan Kerajaan Sadeng terkesan minor karena yang tercatat adalah pemberontakan Sadeng yang kemudian berhasil ditumpas oleh pasukan kerajaan Majapahit.

Yopi yang merupakan pengelola Boemi Poeger Persada ini melanjutkan, pemberontakan Sadeng tahun 1331 M dikisahkan pada Kitab Pararaton. Padahal Sadeng ini memiliki makna strategis dalam menopang kerajaan Majapahit.

“Penaklukan Sadeng begitu pula Ketha merupakan batu pijakan bagi Gajah Mada dalam menggapai puncak karirnya serta menjadi batu pijakan dari Kerajaan Majapahit menuju puncak kejayaan dan keemasannya,” urai Yopi.

Sementara itu, Mas Dana sebagai moderator menggaris bawahi sumber dasar yang menginformasikan keberadaan Sadeng sebagai sesuatu kerajaan adalah Kitab Pararaton dan Negarakretagama atau Desawarnana. Selain itu, keberadaan kerajaan Sadeng telah ditulis secara parsial oleh beberapa peneliti pada masa Hindia Belanda, seperti, Berg, Kern, serta NJ Krom.

Peserta diskusi, sebagian besar generasi muda puger, sangat antusias tatkala di ungkapkan bahwa wilayah Kerajaan Sadeng berpusat di Puger dengan luas wilayah meliputi kabupaten jember dan Kabupaten Bondowoso pada masa kini. Wilayah Kerajaan Sadeng ini memiliki potensi sumber daya alam yang lengkap dan merupakan lumbung pangan. (dir)

Diskusi ini menghasilkan 3 catatan penting tentang alasan kerajaan Sadeng ditaklukkan oleh Majapahit, yaitu:
1. Sebagai alasan Gajah Mada dan beberapa punggawa Majapahit untuk meningkatkan karir dan status dihadapan Ratu Majapahit.

2. Wilayah Kerajaan Sadeng merupakan lumbung pangan dengan potensi sumber daya yang lengkap.

3. Di wilayah Kerajaan Sadeng terdapat struktur masyarakat dan pemerintahan yang berpotensi sebagai pesaing dan ancaman bagi Majapahit.


COMMENTS

Nama

Birokrasi,49,Bisnis,28,Daerah,28,Desa,3,Gaya Hidup,39,Headline,512,Hukum,20,Kesehatan,11,NU,30,Olahraga,7,Opini,1,Parlemen,18,Pendidikan,34,PilgubJatim,11,Pilkada,27,Politik,100,Religi,24,Sosial,112,video kanal jatim,2,
ltr
item
Kanal Jatim: Sadeng Kejayaan Jember Masa Lampau
Sadeng Kejayaan Jember Masa Lampau
https://2.bp.blogspot.com/-MV5_1EQ-7ug/XLNCoMQ-DQI/AAAAAAAAFqc/J1JyYJQFZywfRUTGvHE5GzxX0V38K57WwCLcBGAs/s320/kerajaan_sadeng.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-MV5_1EQ-7ug/XLNCoMQ-DQI/AAAAAAAAFqc/J1JyYJQFZywfRUTGvHE5GzxX0V38K57WwCLcBGAs/s72-c/kerajaan_sadeng.jpg
Kanal Jatim
http://www.kanaljatim.com/2019/04/sadeng-kejayaan-jember-masa-lampau.html
http://www.kanaljatim.com/
http://www.kanaljatim.com/
http://www.kanaljatim.com/2019/04/sadeng-kejayaan-jember-masa-lampau.html
true
9142114500592638212
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy