Gubernur Jenguk Fitriani di RSJ Menur

SURABAYA- Kondisi Fitriani, gadis asal Kediri yang mengalami gangguan jiwa skizofrenia memakan salah satu organ tangannya mendapat perha...


SURABAYA-Kondisi Fitriani, gadis asal Kediri yang mengalami gangguan jiwa skizofrenia memakan salah satu organ tangannya mendapat perhatian khusus Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Gubernur perempuan pertama di Jatim itu menjenguk kondisi Fitriani saat di rawat di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Menur, Surabaya, Selasa (7/5).

Didampingi Direktur RSJ Menur dr. Herlin Ferliana dan Kepala Dinas Sosial Prov. Jatim Sukesi, Gubernur Khofifah melihat kondisi Fitriani saat dirawat di Ruang Geriatri dan Organik.Kepada wartawan Gubernur Khofifah menyampaikan bahwa penanganan Fitriani perlu diberikan pendampingan (After Care) serta perawatan secara berkelanjutan.

Ia mengatakan, After Care sangat dibutuhkan oleh Fitriani setelah melakukan perawatan secara intensif. Fitriani membutuhkan penanganan yang berkelanjutan baik pada saat mengkonsumsi obat hingga menjaga pada sisi psikologisnya.

“Saya sampaikan terpenting adalah After Care. Harus dipantau pemberian obat tidak boleh telat harus bisa dipastikan bahwa ada yang memberi pendampingan. Kami ingin memastikan ada yang memantau apakah obat itu dikonsumsi atau tidak," ungkapnya.

Khofifah menyebut, peran Pusksesmas, Polindes hingga Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) sangat dibutuhkan untuk mengawal dan memberikan pendampingan kepada Fitriani ketika sudah kembali kepada keluarga.

Setelah bertemu Fitriani, Khofifah menyimpulkan bahwa Fitriani sangat ingin pulang karena sudah rindu dengan neneknya. Selama dirawat kurang lebih 15 hari, Khofifah melihat bahwa terdapat kemajuan yang signifikan dari perawatan di RSJ Menur.

Ke depan, Pemprov Jatim akan terus melakukan komunikasi dengan Puskesmas kemudian dengan Polindes yang ada di Kediri. Harapannya, bisa memastikan bahwa ada yang menjaga keteraturan dari obat yang harus dikonsumsi.

Pemberian obat tersebut, lanjut Khofifah menjadi sangat penting ketika terjadi dinamika instabilitas emosi, maka obat itu menjadi bagian yang menstabilkan emosinya.  jadi berikutnya tentu adalah koordinasi dengan pihak terdekat Polindes dan Puskesmas.

Ia mencontohkan, di Sumatera Selatan tepatnya di Muara Enim yang masyarakatnya hingga tenaga medis di tingkat desa membantu mendampingi masyarakat yang membutuhkan. PSM yang ada disana sangat efektif menangani masyarakat yang mengalami gangguan psikotik.

PSM itulah yang akan memastikan bahwa obatnya tersedia dan obatnya dikonsumsi. PSM inilah yang bisa membantu mengambilkan obat. Selain itu, PSM memastikan bahwa obat tersebut  di konsumsi bagi masyarakat yang sedang mengalami gangguan psikotik.

“Kesemuanya ini memiliki arti bahwa butuh komitmen yang luar biasa dari semua masyarakat di desa untuk terlibat dan membantu antar sesama,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur RSJ Menur dr. Herlin Ferliana menjelaskan, bahwa kondisi Fitriani atau pasien gadis pemakan tangan saat ini berlangsung membaik setelah diberi perawatan selama 15 hari di RSJ Menur.

Ia menuturkan, bahwa kondisi pasien sejauh ini telah menunjukkan perkembangan yang signifikan setelah dirawat secara intensif dan di dampingi oleh tim dokter yang ditunjuk. Jika dilihat dari kondisi fisiknya, sudah sangat berbeda dan menunjukkan hasil yang positif.

Kondisi itu, berbeda jika dilihat pada saat awal masuk di RSJ Menur, yang terlihat kurang darah atau anemia. "Kalau dilihat dari fisik saat ini sudah bagus, jika dulu masuk anemia sekarang sudah bagus dan sangat positif," ujarnya.

dr Herlin mengatakan, bahwa dilihat dari tingkat kejiwaan juga bisa dipastikan sudah membaik. Bahkan, bisa berinteraksi dan diajak berbicara. Sementara itu, untuk luka juga sudah berangsur membaik.
Jika memungkinkan, lanjutnya dapat dilakukan amputasi pada jari-jari tangannya yang menonjol asalkan mendapat persetujuan dari tim dokter.

"Allhamdulillah, sejauh ini dilihat dari jiwa, badan dan luka sudah mulai membaik. Direncanakan jika kejiwaan, tubuh badan dan luka yang ada stabil minggu depan akan dilakukan tindakan berikutnya yakni mengamputasi tulang jari jemari yang menonjol. Asal kondisi tubuh dan kejiwaan stabil," ujarnya. (dir)

COMMENTS

Nama

Birokrasi,49,Bisnis,28,Daerah,28,Desa,3,Gaya Hidup,39,Headline,512,Hukum,20,Kesehatan,11,NU,30,Olahraga,7,Opini,1,Parlemen,18,Pendidikan,34,PilgubJatim,11,Pilkada,27,Politik,100,Religi,24,Sosial,112,video kanal jatim,2,
ltr
item
Kanal Jatim: Gubernur Jenguk Fitriani di RSJ Menur
Gubernur Jenguk Fitriani di RSJ Menur
https://4.bp.blogspot.com/-eXJXWAQwPzM/XNFRA2wRtUI/AAAAAAAAFys/rZowx2NdyCg5MG6Pa1houQV2v9mRnBqKACLcBGAs/s320/khofifah_menur.JPG
https://4.bp.blogspot.com/-eXJXWAQwPzM/XNFRA2wRtUI/AAAAAAAAFys/rZowx2NdyCg5MG6Pa1houQV2v9mRnBqKACLcBGAs/s72-c/khofifah_menur.JPG
Kanal Jatim
http://www.kanaljatim.com/2019/05/gubernur-jenguk-fitriani-di-rsj-menur.html
http://www.kanaljatim.com/
http://www.kanaljatim.com/
http://www.kanaljatim.com/2019/05/gubernur-jenguk-fitriani-di-rsj-menur.html
true
9142114500592638212
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy