Jangan Ada Intervensi Politik di Konferwil Ansor

SURABAYA-Konferensi Wilayah (Konferwil) XIV Gerakan Pemuda Ansor Jawa Timur digelar kurang sepekan lagi. Ajang suksesi Ketua GP Ansor Jati...

SURABAYA-Konferensi Wilayah (Konferwil) XIV Gerakan Pemuda Ansor Jawa Timur digelar kurang sepekan lagi. Ajang suksesi Ketua GP Ansor Jatim ini mendapat perhatian banyak pihak. Salah satunya Barisan Kader Gus Dur atau Barikade Gus Dur.

Ketua Barikade Gus Dur Jawa Timur,  Ahmad Arizal menaruh harapan besar kepada kader Ansor yang kelak memimpin ormas pemuda terbesar tersebut.  Karena itu,  pihaknya berharap proses pergantian pimpinan Ansor itu berjalan alami tanpa ada unsur politis. Apalagi intervensi dari kekuatan politik.

"Saya berharap kompetisi antar kandidat berlangsung fair tanpa ada intervensi politik. Sehingga siapapun yang terpilih bisa diterima dengan lapang dada dan tidak menimbulkan perpecahan," ujar Ahmad, Senin (22/7).

Ahmad yang dikenal sebagai loyalis Gus Dur ini menambahkan,  Ansor dan Banser bukan lagi sekedar penjaga ulama. Tapi juga penjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Karena itu tujuannya untuk kebangsaan bukan kepentingan politik partisan.

Terlebih di era keterbukaan informasi ini, tantangan Ansor semakin berat. Ansor tidak hanya membawa panji Ahlussunah Wal Jamaah tapi juga menjadi garda terdepan pengawal NKRI. Karena itu, calon ketua Ansor harus berdiri di atas semua kepentingan politik. Tidak boleh terkooptasi satu kekuatan politik tertentu.

"GP Ansor ini garda pengawal NKRI, karena itu tidak boleh dikooptasi kepentingan politik praktis. Karena politiknya Ansor adalah kebangsaan dan kemaslahatan umat di bawah panji NU. Ini tugas mulia yang harus dijaga kemurniannya," tegas Ahmad.

Terkait calon Ketua yang akan berkompetisi di Konferwil XIV GP Ansor di Ponpes Sabilurrosyad, Gasek,  Kota Malang 28 Juli mendatang, Ahmad menyerahkan pilihan kepada Pimpinan Cabang (PC)  dan Pimpinan Anak Cabang (PAC). Sebab mereka lah yang memiliki hak suara untuk menentukan pimpinan Ansor di Jatim untuk 4 tahun ke depan.

Menurut Ahmad, dua kader yang berpeluang memimpin Ansor yakni Moh Abid Umar Faruq (Gus Abid) maupun Syafiq Syauqi (Gus Syafiq) sama baiknya. Mereka ini bukan saja aset Ansor tapi juga aset NU di masa depan.

"Gus Abid nasabnya jelas, Gus Syafiq juga. Gus Abid berhasil memimpin PW Ansor selama 6 bulan terakhir,  Gus Syafiq juga dipercaya memimpin PC Ansor Tuban 2 periode. Harapan saya, 8siapapun yang menang bisa merangkul yang kalah, sehingga Ansor tetap solid," tutur orang dekat Yenny Wahid ini.

Terpisah, Gus Abid juga berharap kompetisi dalam konferwil bisa berjalan dengan lancar dalam suasana kekeluargaan. Ia pun telah mengingatkan pedukungnya agar bisa menahan diri meski tensi kompetisi semakin tinggi karena prinsipnya semua adalah sahabat. Hanya saja saat ini berbeda pilihan.

Soal imbauan Barikade Gus Dur agar Konferwil Ansor bebas dari intervensi politik, Gus Abid mengaku sangat setuju. Karena itu, sebelum pelaksanaan Konferwil pihaknya telah mengundurkan diri dari Partai NasDem yang menjadi kendaraan politiknya saat Pileg 2019 lalu.

"Pemilu lalu saya memang caleg Partai NasDem tapi saat ini saya bukan kader partai mana pun. Baik NasDem maupun PKB, meskipun Abah saya adalah Ketua Dewan Syuro DPC PKB Kabupaten Kediri," pungkas putera KH. Umar Faruq tersebut. (dir)

COMMENTS

Nama

Birokrasi,83,Bisnis,44,Daerah,33,Desa,8,Gaya Hidup,48,Headline,737,Hukum,23,Kesehatan,14,l,1,NU,61,Olahraga,11,Opini,2,Parlemen,34,Pendidikan,54,PilgubJatim,11,Pilkada,28,Pilpres,10,Politik,138,Religi,40,Sosial,130,video kanal jatim,2,
ltr
item
Kanal Jatim: Jangan Ada Intervensi Politik di Konferwil Ansor
Jangan Ada Intervensi Politik di Konferwil Ansor
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjS2y3yTGtTnfFmT2jUt2NUq9VsU092gU4x3GspTTrSqT3k8Sw-DK4iFdy2SCG8qJGHCF46Z3tBeq-VF_YYWOw1cIeIqd53Df4xXLGQgmSE0OA4ql5z6rzlcOieBxwe8M7DKDVrHCVWSIFC/s320/IMG-20190723-WA0001.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjS2y3yTGtTnfFmT2jUt2NUq9VsU092gU4x3GspTTrSqT3k8Sw-DK4iFdy2SCG8qJGHCF46Z3tBeq-VF_YYWOw1cIeIqd53Df4xXLGQgmSE0OA4ql5z6rzlcOieBxwe8M7DKDVrHCVWSIFC/s72-c/IMG-20190723-WA0001.jpg
Kanal Jatim
http://www.kanaljatim.com/2019/07/jangan-ada-intervensi-politik-di.html
http://www.kanaljatim.com/
http://www.kanaljatim.com/
http://www.kanaljatim.com/2019/07/jangan-ada-intervensi-politik-di.html
true
9142114500592638212
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy