Faktor Figur Dominan di Pilkada

SURABAYA-Kontestasi pemilihan kepala daerah secara langsung (Pilkada) masih didominasi faktor kekuatan figur. Karena itu kecendrungan masy...

SURABAYA-Kontestasi pemilihan kepala daerah secara langsung (Pilkada) masih didominasi faktor kekuatan figur. Karena itu kecendrungan masyarakat dalam memilih pemimpin masih didominasi melihat figur calon, setelah itu baru program kerja dan kemampuan.


Fakta itu karena masih tingginya faktor sosiologis yang mempengaruhi pemilih dalam memilih calon kepala daerah. Hal itu tak lepas dari pertimbangan bibit, bebet dan bobot yang kental di pulau Jawa.

Peneliti Surabaya Survey Center (SSC), Surokim Abdussalam mengungkapkan rasionalitas pemilih memang sedang tumbuh tapi prosentasenya masih minim, jauh dari angka ideal yaitu 55 persen. Dari hasil penelitian SSC, tingkat rasionalitas pemilih di perkotaan (urban) sekitar 38 persen. Sedangkan rasionalitas pemilih di wilayah rural (pedesaan) baru sekitar 22 persen.

“Masyarakat masih melihat faktor figur dalam memilih calon pemimpin terutama dalam pilkada. Pertimbangan fisik calon, gagah, cantik dan berwibawa masih dominan dipilih," urai Surokim, Jumat (30/8).

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) Universitas Trunojoyo Madura (UTM) ini menambahkan, secara umum ada dua faktor besar yang mempengaruhi pemilih dalam memilih calon pemimpin. Yakni faktor sosiologis dan faktor rasional. Untuk saat ini faktor sosiologis masih lebih dominan ketimbang faktor rasional.

Surokim membeberkan, faktor sosiologis terdiri dari sejumlah variable seperti suku, agama, etnis yang diikuti dengan faktor psikologis yakni karakter, gender, usia dan penampilan. Biasanya kian mendekati hari H di perkotaan faktor rasional baru bergerak naik disusul sosiologis dan psikologis.

“Meski demikian secara umum prosentasenya masih lebih tinggi faktor sosiologis dan psikologis ketimbang faktor rasional,” imbuh Surokim.

Terpisah, Lia Istifhama yang selama ini didorong relawan dan elemen masyarakat maju dalam kontestasi Pemilihan Wali Kota Surabaya 2020 mengakui dominannya faktor sosiologis dan psikologis. Hal itu tak terlepas dari adab ketimuran. Lia mengungkapkan dalam budaya ketimuran tak lepas dari faktor bibit (keturunan), bebet (penampilan) dan bobot (kemampuan).

Karena itu, lanjut lulusan UNAIR dan UINSA itu, ia tak memungkiri statusnya sebagai keponakan Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jatim saat ini adalah sebuah fakta yang menjadi modal sosial bagi dirinya. Dengan status itu, ia lebih mudah diterima diberbagai lapisan masyarakat.

“Kalau soal keponakan Ibu Gubernur tak bisa dipungkiri, karena itu hubungan darah. Tapi saya juga beraktualisasi dengan masyarakat lewat organisasi dan bekerja keras untuk eksis di profesi yang saya geluti,” pungkas Semifinalis Ning Surabaya 2005 ini. (dir)

COMMENTS

Nama

Birokrasi,49,Bisnis,28,Daerah,28,Desa,3,Gaya Hidup,39,Headline,512,Hukum,20,Kesehatan,11,NU,30,Olahraga,7,Opini,1,Parlemen,18,Pendidikan,34,PilgubJatim,11,Pilkada,27,Politik,100,Religi,24,Sosial,112,video kanal jatim,2,
ltr
item
Kanal Jatim: Faktor Figur Dominan di Pilkada
Faktor Figur Dominan di Pilkada
https://1.bp.blogspot.com/-YHEqCzYTq3Y/XWj41BsgrkI/AAAAAAAANGQ/pw7bMGyVpnAk3py7N24sYYw8VDkslqIlgCLcBGAs/s320/IMG-20190829-WA0154.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-YHEqCzYTq3Y/XWj41BsgrkI/AAAAAAAANGQ/pw7bMGyVpnAk3py7N24sYYw8VDkslqIlgCLcBGAs/s72-c/IMG-20190829-WA0154.jpg
Kanal Jatim
http://www.kanaljatim.com/2019/08/faktor-figur-dominan-di-pilkada.html
http://www.kanaljatim.com/
http://www.kanaljatim.com/
http://www.kanaljatim.com/2019/08/faktor-figur-dominan-di-pilkada.html
true
9142114500592638212
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy