BKD Jatim Antisipasi Joki CPNS

SURABAYA – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Timur akan melakukan skrining atau deteksi dini terhadap peserta tes Calon Pegawai Negeri S...

SURABAYA – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Timur akan melakukan skrining atau deteksi dini terhadap peserta tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Langkah itu dilakukan untuk mengantisipasi adanya joki dalam Tes CPNS.

Kepala BKD Jatim, Anom Surahno mengungkapkan, pihaknya melkukan skrining dengan mencocokan identitas peserts CPNS dengan fisik yang bersangkutan di lokasi. Bahka lebih dari itu, kami akan ajukan pertanyaan sifatnya pribadi yang hanya bersangkutan dan panitia yang tahu jawabannya.

"Soal joki juga menjadi perhatian kami. Nantinya akan kami lakukan skrining untuk mengantisipasi masuknya joki dalam tes CPNS," tutur Anom Surahno saat jumpa pers di kantor BKD Jatim, Rabu (13/11).

Pejabat eselon II Pemprov Jatim ini memprediksi pelamar yang mendaftar CPNS di Pemprov Jatim akan tembus pada angka 80 ribu pendaftar. Hal ini dikarenakan ada beberapa kategori penilaian yang diturunkam grade-nya dari akreditasi menjadi cukup terakreditasi.

“Jika dulu persyaratan asal kuliah terakreditasi B maka saat ini diturunkan menjadi terakreditasi saja dan ini saya prediksi akan menambah pendaftar karena tidak terbatas pada yang terakrditasi A maupun B, jadi yang penting terakreditasi sudah bisa mendaftar,” kata mantan jurnalis ini.

Anom melanjutkan, ada beberapa kategori penilaian yang syarat angkanya sudah diturunkan. Seperti Tes Karakteristik Pribadi (TKP) yang awalnya disyaratkan harus memiliki nilai 175 kini diturunkan menjadi 126. Kemudian Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang awalnya harus mancapai 75 diturunkan menjadi 65. Hanya Tes Intelegensia Umum (TIU) yang tetap disyaratkan di angka 80.

“Kemudahan-kemudahan inilah yang akan membuat banyak pendaftar CPNS yang antusias untuk mendaftar,” lanjut Anom.

Mantan Kepala Biro Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Pemprov Jatim ini juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak mudah tertipu oleh oknum yang mengatasnamakan BKD maupun Pemprov Jatim dalam proses penerimaan ini.

“Semua proses mulai pendaftaran hingga tes CAT akan berbasi online, jadi tidak aka nada titipan maupun orang yang bisa memasukkan jadi CPNS,” jelas Anom.

Anom juga mengingatkan agar peserta yang akan mendaftar membaca baik-baik apa yang harus dilengkapi berkasnya hingga memenuhi syarat untuk ikut tes CAT.

Untuk pendaftaran dilakukan melalui laman https://sscn.bkn.go.id/. Pendaftaran dimulai 11 Nopember 2019 pada pukul 23.11 WIB dan berakhir 25 Nopember 2019 pada pukul 23.59 WIB.

“Jangan lupa melengkapi berkas termasuk swafoto (foto selfi) agar lancar mengikuti tes CAT,” pungkas Anom. (dir)

COMMENTS

Nama

Birokrasi,49,Bisnis,28,Daerah,28,Desa,3,Gaya Hidup,39,Headline,512,Hukum,20,Kesehatan,11,NU,30,Olahraga,7,Opini,1,Parlemen,18,Pendidikan,34,PilgubJatim,11,Pilkada,27,Politik,100,Religi,24,Sosial,112,video kanal jatim,2,
ltr
item
Kanal Jatim: BKD Jatim Antisipasi Joki CPNS
BKD Jatim Antisipasi Joki CPNS
https://1.bp.blogspot.com/-pGvoy6V20ys/XcwlUHSE2jI/AAAAAAAAOTk/0FKlZgQAGpcvI2AkEFMMIIkRPompsfvbgCLcBGAsYHQ/s320/IMG20191113125436.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-pGvoy6V20ys/XcwlUHSE2jI/AAAAAAAAOTk/0FKlZgQAGpcvI2AkEFMMIIkRPompsfvbgCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG20191113125436.jpg
Kanal Jatim
http://www.kanaljatim.com/2019/11/bkd-jatim-antisipasi-joki-cpns.html
http://www.kanaljatim.com/
http://www.kanaljatim.com/
http://www.kanaljatim.com/2019/11/bkd-jatim-antisipasi-joki-cpns.html
true
9142114500592638212
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy