Ning Lia Kampanyekan Gerakan Sadar Lingkungan

SURABAYA-Peristiwa bom bunuh diri yang terjadi di Mapolrestabes Medan, Sumatera Utara membuat publik prihatin, termasuk warga Surabaya. Sa...

SURABAYA-Peristiwa bom bunuh diri yang terjadi di Mapolrestabes Medan, Sumatera Utara membuat publik prihatin, termasuk warga Surabaya. Salah satunya Lia Istifhama, bakal calon wakil wali kota Surabaya dari PDI Perjuangan. Perempuan cantik ini mengaku prihatin dan turut berduka cita atas jatuhnya korban dari pihak kepolisian maupun masyarakat.

Menurut Pengurus Fatayat NU Jatim ini, warga Surabaya juga pernah mengalami rangkaian teror bom tahun lalu. Salah satunya menyasar ke Mapolrestabes Surabaya dan gereja. Karena itu, Lia mengkampanyekan gerakan sadar lingkungan (GSL) dengan saling mengenal tetangga di kanan-kiri. Bila ada tetangga yang tidak bersosialisasi atau menutup diri harus ditegur sapa.

"Banyak terjadi pelaku bom bunuh diri dilakukan oleh orang yang menutup diri dan membatasi pergaulan di lingkungannya. Seringkali warga atau pengurus lingkungan seperti RT dan RW membiarkan saja atas pertimbangan privacy. Ini tidak boleh lagi terjadi, jangan cuek dan sungkan pada warga tersebut. Tegur dan ajak mereka bersosialisasi," tegas perempuan yang akrab disapa Ning Lia itu, Rabu (13/11).

Dosen perguruan tinggi swasta di Surabaya ini menambahkan, gerakan gotong-royong dan sapa tetangga harus kembali digalakkan. Jangan sampai lagi terjadi pelaku teror ternyata adalah tetangga kita sendiri. Karena itu kegiatan lingkungan dengan semangat gotong-royong harus rutin dilakukan.

Dengan begitu, bila ada pendatang atau tetangga yang punya gelagat tidak biasa, bisa segera diantisipasi atau terdeteksi sejak dini. Karena itu Ketua RT harus mendata warganya dan sering menyambangi warga. Demikian pula warga, harus saling berkunjung dengan warga.

"Kita harus mulai peduli dan saling mengenal antar tetangga. Harus tahu kerjanya apa, kesehariannya bagaimana. Kalau ada yang janggal, laporkan pada Ketua RT atau RW agar ditindaklanjuti. Prinsipnya lebih baik mencegah dari pada menanggung derita," urai kandidat Doktor UINSA Surabaya itu.

Keponakan Khofifah Indar Parawansa ini melanjutkan, deteksi dini juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi. Satu diantaranya dengan memasang cctv atau kamera tersebunyi di lingkungan permukiman. Dengan adanya kamera tersembunyi ini diharapkan bisa mendeteksi bila ada potensi gangguan, baik itu kriminalitas maupun tindak terorisme.

"Sebagai kota metropolitan, saya berharap semua lingkungan di Surabaya sudah terkover oleh cctv. Dengan begitu akan memudahkan pihak aparat untuk mendeteksi gangguan keamanan," pungkas semifinalis Ning Surabaya 2005 tersebut. (dir)

COMMENTS

Nama

Birokrasi,83,Bisnis,44,Daerah,33,Desa,8,Gaya Hidup,48,Headline,737,Hukum,23,Kesehatan,14,l,1,NU,61,Olahraga,11,Opini,2,Parlemen,34,Pendidikan,54,PilgubJatim,11,Pilkada,28,Pilpres,10,Politik,138,Religi,40,Sosial,130,video kanal jatim,2,
ltr
item
Kanal Jatim: Ning Lia Kampanyekan Gerakan Sadar Lingkungan
Ning Lia Kampanyekan Gerakan Sadar Lingkungan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhl4TWT7-PXBRGhJYZooyWzY9vqIwjU1hDvXB44Evjh1p2iSaCldGi_nYXclkImOqhlFhRnPKLybsiIO_PBAKS7v68M0XzftU3G_D1-oXG88icHwRPdHaOakeScetVtOh01oMI4l3FezJiL/s320/IMG-20191113-WA0375.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhl4TWT7-PXBRGhJYZooyWzY9vqIwjU1hDvXB44Evjh1p2iSaCldGi_nYXclkImOqhlFhRnPKLybsiIO_PBAKS7v68M0XzftU3G_D1-oXG88icHwRPdHaOakeScetVtOh01oMI4l3FezJiL/s72-c/IMG-20191113-WA0375.jpg
Kanal Jatim
http://www.kanaljatim.com/2019/11/ning-lia-kampanyekan-gerakan-sadar.html
http://www.kanaljatim.com/
http://www.kanaljatim.com/
http://www.kanaljatim.com/2019/11/ning-lia-kampanyekan-gerakan-sadar.html
true
9142114500592638212
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy