Pemimpin Harus Teladani Sifat Humanis Gus Dur

SURABAYA-Bulan Desember dikenal sebagai bulan Gus Dur, karena pada bulan ini tepatnya tanggal 30 Desember 2009 Presiden RI ke-4 tersebut w...

SURABAYA-Bulan Desember dikenal sebagai bulan Gus Dur, karena pada bulan ini tepatnya tanggal 30 Desember 2009 Presiden RI ke-4 tersebut wafat. Seperti pada tahun sebelumnya, sejumlah pengikut dan pengagum Gus Dur tahun ini memgenang sosok cucu KH. Hasyim Asy'ari itu dalam peringatan haul Gus Dur ke-10.

Sukma Sahadewa, salah satu pengagum Gus Dur mengungkapkan dirinya mengagumi sosok Gus Dur sebagai tokoh pluralisme. Lebih dari itu, Gus Dur adalah sosok humanis yang menempatkan kemanusiaan di atas segalanya. Karena itu, ia berharap para pemimpin bangsa ini, baik kepala daerah maupun pemimpin nasionalis harus meneladani sifat humanis Gus Dur.

"Kalau pemimpin memiliki sifat humanis, Insya Allah ia akan menjadi pemimpin yang baik. Karena ia menempatkan kemanusiaan di atas segalanya," tutur pria yang akrab disapa Dokter Sukma itu, Selasa (31/12).

Sukma yang saat ini sedang running dalam pilkada Kabupaten Kediri 2020 ini menilai, pembangunan tak hanya bisa dilakukan secara fisik dalam bentuk infrastruktur. Pembangunan karakter juga tak kalah penting. Sebab, membangun secara fisik dengan mengabaikan karakter akan menjadikan masyarakat menjadi individual dan apatis.

Bakal calon Bupati Kediri ini menyebut kearifan lokal atau local wisdom, seperti gotong-royong dan tepo seliro harus dipertahankan seiring dengan pembangunan fisik yang terus bergulir.

"Tata kelola tertinggi yang harus dimiliki seorang pemimpin adalah tata kelola kemanusiaan. Memberantas kebodohan, kemiskinan dan pelayanan kesehatan bagi masyarakat adalah aplikasi dari tata kelola kemanusiaan," urai pria asli Kediri ini.

Kader muda NU yang menggagas Gerakan Bakti Subuh ini menambahkan Gus Dur bukan hanya pemimpin yang humanis. Tetapi beliau juga adalah pemimpin yang berani. Terbukti Hanya Gus Dur dan Soekarno yang berani datang ke Kediri. Padahal ada mitos kuat siapapun Presiden yang datang ke Kediri akan jatuh atau lengser.

"Saya kira pemimpin ideal itu ada di sosok Soekarno dan Gus Dur. Karena itu, saya akan mengambil pelajaran baik dari kedua tokoh itu bila dipercaya memimpin Kabupaten Kediri," pungkasnya. (dir)

COMMENTS

Nama

Birokrasi,49,Bisnis,28,Daerah,28,Desa,3,Gaya Hidup,39,Headline,512,Hukum,20,Kesehatan,11,NU,30,Olahraga,7,Opini,1,Parlemen,18,Pendidikan,34,PilgubJatim,11,Pilkada,27,Politik,100,Religi,24,Sosial,112,video kanal jatim,2,
ltr
item
Kanal Jatim: Pemimpin Harus Teladani Sifat Humanis Gus Dur
Pemimpin Harus Teladani Sifat Humanis Gus Dur
https://1.bp.blogspot.com/-UkSX9p8yi9M/XgsYliknutI/AAAAAAAAOhM/AQC8sjNJVPwfZ43RvDfXwKrqyuw22czqgCLcBGAsYHQ/s320/IMG_20191231_164112.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-UkSX9p8yi9M/XgsYliknutI/AAAAAAAAOhM/AQC8sjNJVPwfZ43RvDfXwKrqyuw22czqgCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_20191231_164112.jpg
Kanal Jatim
http://www.kanaljatim.com/2019/12/pemimpin-harus-teladani-sifat-humanis.html
http://www.kanaljatim.com/
http://www.kanaljatim.com/
http://www.kanaljatim.com/2019/12/pemimpin-harus-teladani-sifat-humanis.html
true
9142114500592638212
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy