Pemakzulan Faida Memicu Simpati Publik

SURABAYA - Perseteruan antara DPRD Jember dengan Bupati Jember Faida mencapaivtitik klimaks. Bupati perempuan pertama di Jember itu pun  d...

SURABAYA - Perseteruan antara DPRD Jember dengan Bupati Jember Faida mencapaivtitik klimaks. Bupati perempuan pertama di Jember itu pun  dimakzulkan DPRD Jember melalui rapat paripurna yang digelar pada Rabu (22/7/2020) malam. Kini pemakzulan Faida itu akan diuji oleh Mahkamah Agung.

Menanggapi kejadian tersebut, Direktur Eksekutif Akurate Research & Consulting Indonesia (ARC Indonesia), Baihaki Siraj, menjelaskan bahwa pemakzulan terhadap Bupati Faida, merupakan kejadian yang pertama terjadi di Provinsi Jawa Timur.

" Soal ini apakah nanti secara hukum akan dikabulkan oleh MA atau tidak, kita lihat saja nanti proses dan keputusannya seperti apa, kita tidak boleh berandai-andai," jelas Baihaki, Minggu (26/7).

Hanya saja, secara politik, karena Kabupaten Jember merupakan salah satu Kabupaten yang akan menggelar Pilkada pada tahun 2020 ini tentu sangat berpengaruh.

Bila Tim dari pasangan calon Faida-Vian yang saat ini sudah dinyatakan lolos oleh KPUD Jember sebagai pasangan Calon dari Independen, mampu mengelola opini dari peristiwa ini kepada masyarakat bahwa mereka didzolimi dari proses tersebut, hal itu bisa memicu simpati publik.

"Tentu itu malah bisa membuat masyarakat semakin simpati pada Faida. Ini tentu ada imbasnya saat pilkada nanti," ujar Baihaki.

Apalagi, misalnya mereka juga mampu menarasikan bahwa apa yang dilakukan oleh DPRD Jember sebelum proses Pemakzulan merupakan gerakan politik dalam rangka menggembosi kekuatan Faida. Tentu secara psikologis masyarakat akan berpihak kepada Faida karena Faida dikeroyok oleh Gabe ngan partai politik yang ada di parlemen.

" Sejalan dengan survei yang kami lakukan, meski Faida sudah sering disudutkan oleh DPRD misalnya, tapi popularitas dan elektabiltasnya tetap lebih unggul dari yang lain," bebernya.

Sebaliknya, kata Baihaki, calon kompetitor Faida di pilkada bisa menjadikan pemakzulan sebagai momentum untuk mensolidkan kekuatan partai. Partai-partai bisa bersatu melawan Faida dalam Pilkada Jember. Maka itu bisa menjadi kekuatan baru bagi partai Politik untuk bersatu dan bersama-sama dalam pilkada melawan Faida.

"Saya kira bagi DPRD Jember sebagai representasi partai politik di parlemen, ini persoalan serius. Para anggota dewan ini juga representasi rakyat karena mereka dipilih langsung oleh rakyat lewat pemilu. Ini sudah persoalan marwah DPRD, marwah partai juga," pungkas Baihaki. (day)

COMMENTS

Nama

Birokrasi,49,Bisnis,28,Daerah,28,Desa,3,Gaya Hidup,39,Headline,514,Hukum,20,Kesehatan,11,NU,30,Olahraga,7,Opini,1,Parlemen,19,Pendidikan,34,PilgubJatim,11,Pilkada,27,Politik,101,Religi,24,Sosial,112,video kanal jatim,2,
ltr
item
Kanal Jatim: Pemakzulan Faida Memicu Simpati Publik
Pemakzulan Faida Memicu Simpati Publik
https://1.bp.blogspot.com/-UVBCYyOAPLA/Xx25nbIeEzI/AAAAAAAAPgw/EtdoFCGghgI0JjlvOc8jHZmJd0VX2GqkACLcBGAsYHQ/s320/IMG-20200705-WA0098.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-UVBCYyOAPLA/Xx25nbIeEzI/AAAAAAAAPgw/EtdoFCGghgI0JjlvOc8jHZmJd0VX2GqkACLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200705-WA0098.jpg
Kanal Jatim
http://www.kanaljatim.com/2020/07/pemakzulan-faida-memicu-simpati-publik.html
http://www.kanaljatim.com/
http://www.kanaljatim.com/
http://www.kanaljatim.com/2020/07/pemakzulan-faida-memicu-simpati-publik.html
true
9142114500592638212
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy