Gubernur Khofifah Serahkan Bansos di Trenggalek

Gubernur Khofifah serahkan santunan ahli waris Covid-19 Trenggalek-Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa kembali melanjutkan safari ...

Gubernur Khofifah serahkan santunan ahli waris Covid-19

Trenggalek-Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa kembali melanjutkan safari pembagian bantuan Pemprov Jatim di 38 Kab/Kota di masa Pandemi Covid-19. 

Kali ini giliran Kabupaten Trenggalek yang mendapat kunjungan dengan berbagai stimulus ekonomi berupa modal usaha dan  bantuan sosial dari pemerintah pusat maupun provinsi di Pendopo Kabupaten Trenggalek, Sabtu (17/10). 

Gubernur perempuan pertama di Jatim itu, menyerahkan berbagai bantuan antara lain BLT-DD,  Bantuan BKK Pemberdayaan BUMDES, Kredit Pemulihan Ekonomi Nasional, Hibah Banpres Produktif Usaha Mikro, penyerahan sertifikat,  Bantuan subsidi upah/ gaji, hingga bantuan KUR dari berbagai perbankan Himbara ( Bank BRI, BNI dan Mandiri) termasuk Bank Jatim dan Bank UMKM. Termasuk santunan bagi korban meninggal akibat Covid-19. 

Lewat berbagai macam dan jenis bantuan, Gubernur Khofifah mengaku optimis dapat memberikan kontribusi multiplier effect sehingga dapat mendongkrak UMKM bagi peningkatan ekonomi masyarakat Trenggalek. 

Orang nomor satu di Jatim ini juga mengatakan, pemberian bantuan ini merupakan bentuk sinergitas yang baik antar instansi vertikal utamanya dari Perbankan dan  BUMD Prov. Jatim. Oleh karenanya, bersama instansi vertikal melakukan kunjungan keliling kabupaten/ kota untuk bersama sama   memperkuat ekonomi melalui beragam pemberian bantuan stimulus. 

"Berbagai instansi vertikal kita sinergikan, karena pada dasarnya mereka memiliki program-program yang strategis bisa langsung di berikan kepada masyarakat penerima manfaat," ungkapnya. 

Mantan Menteri Sosial pada Kabinet Kerja  itu menegaskan, bahwa kunjungan ke Kab. Trenggalek ini berupaya memberikan stimulus secara kolektif lewat bangunan  kebersamaan untuk saling memotivasi akibat dampak Covid-19 yang cukup beragam kepada seluruh masyarakat 

Lewat pemberian stimulus bantuan di Kab. Trenggalek, Gubernur Khofifah berharap bahwa Ekonomi di bawah bisa bergerak. "Kami membawa semua elemen strategis agar seluruh program kepada masyarakat khususnya untuk  menggerakkan ekonomi dapat membawa dampak positif dan memberi daya ungkit.

Maka, ketika semua turun bergandengan tangan dan berkolaborasi Insyaallah semuanya bisa memberikan manfaat lebih besar.

"Pemberian bantuan dan stimulus kolektif seperti ini dapat membangun kebersamaan dan mendorong semangat kita untuk lebih memotivasi masyarakat yang terdampak Covid-19. Kalau kita turun dan bergandengan  tangan bersama sama kemudian memberikan support bersama sama saya yakin yang berat akan terasa ringan. Bagi yang tidak mungkin punya pengharapan menjadi memiliki  harapan baru," ungkapnya. 

Sinergi antar semua instansi vertikal seperti ini, lanjut Khofifah ingin memberikan penguatan secara ekonomi seraya perlindungan kesehatan tetap dimaksimalkan.  "Ikhtiar kita ini jika diibaratkan secara sederhana kita ingin  masyarakat Jatim  sehat dan  ekonominya juga sehat. Kita ingin rakyat Jatim selamat dan ekonominya juga selamat," tegasnya. 

Dalam acara tersebut diserahkan total 2.935 buah Sertifikat Hak Atas Tanah yang merupakan program strategis nasional yang diserahkan secara simbolis kepada masyarakat penerima. 

Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan BLT DD bulan ke-6 secara simbolis kepada KPM dari Desa Sambirejo Kec. Trenggalek  serta Bantuan Keuangan Khusus Bumdes masing masing @RP. 50 Juta kepada BumDes Ds. Lestari, Ds. Salamwates, Kec. Dongko, Bumdes Mutra Usaha Desa Karanganyar, Kec. Gandusari. Juga Bumdes Ki Semar Ds. Nglebo Kec. Suruh dan Bumdes Kembang Jati Desa Jatiprahu Kec. Karangan. 

Selain bantuan sosial, pada kesempatan yang sama juga diserahkan bantuan kredit kepada UMKM dari perbankan. Dari Bank Jatim lewat Dana Bergulir (Dagulir) oleh Bank Jatim dengan total Rp. 1.935 milliar dan Kredit PKPJ dari Bank UMKM dengan total Rp. 350 juta

Menariknya, Gubernur Khofifah juga menyerahkan secara simbolis kartu One Pesantren One Product (OPOP) kepada Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren) Darussalam dan Hidayatul Mubtadiin. Sekaligus penyerahan sertifikat Jaminan Kredit oleh BUMD Prov. Jatim yakni PT. Jamkrida serta pemberian bantuan subsidi upah dan penerima manfaat dari BPJS Ketenagakerjaan. 

Tak ketinggalan, para Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) juga mendapatkan Bantuan Bibit Kakao sebanyak 20.000 batang bantuan dari Pemprov Jatim serta pemberian bantuan masker kepada pendamping desa di Kab. Trenggalek. 

Dalam laporannya Kepala Dinas Sosial M. Alwi melaporkan, bahwa rangkaian kunjungan Ibu Gubernur ke Trenggalek dalam rangka menjaga keseimbangan antara gas dan rem dalam memberi penguatan Covid-19 dan percepat pemulihan ekonomi melalui beberapa pemberian bantuan. 

"Disaat pandemi Covid-19 ini, Ibu Gubernur tidak henti hentinya mengajak kita semua untuk tetap bekerja keras, bergotong royong menghentikan penyebaran virus covid 19 dengan penerapan Protokol Kesehatan (prokes) yang ketat," ungkapnya. 

Pihaknya menyampaikan bahwa progres penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa per 16 Oktober hingga bulan ke 6 sebesar 78.95 persen atau sebesar Rp. 1.851 Trilliun, dari total anggaran sekitar Rp. 2.345 T.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Khofifah juga memberikan bantuan berupa sembako kepada para tukang becak disekitar Kantor Pemkab Trenggalek.  

Dalam kegiatan itu, turut hadir Pjs. Bupati Trenggalek, Ka. Kanwil BPN, Kepala BPJS, Kepala BPS Jatim, Kepala Bank Indonesia Regional Jatim, Ka. Drive Bulog V, Kepala OJK, Dirut Bank Jatim Dirut Bank UMKM. (dir) 

COMMENTS

Nama

Birokrasi,83,Bisnis,44,Daerah,33,Desa,8,Gaya Hidup,48,Headline,737,Hukum,23,Kesehatan,14,l,1,NU,61,Olahraga,11,Opini,2,Parlemen,34,Pendidikan,54,PilgubJatim,11,Pilkada,28,Pilpres,10,Politik,138,Religi,40,Sosial,130,video kanal jatim,2,
ltr
item
Kanal Jatim: Gubernur Khofifah Serahkan Bansos di Trenggalek
Gubernur Khofifah Serahkan Bansos di Trenggalek
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEidqX20gV2o1ehS96BeYo3zK_iOV1y2mHzwt55Wt0SQNJ69Gl7gGWrA2gJ7QfYOJlqP__L_z8rv6cFM9G3W7eTRFICSey0Yd8wfazASZN_8mxYxavqrucsnPSSY0mf6kvz9hBDkPwJ97urV/w276-h400/IMG-20201017-WA0266.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEidqX20gV2o1ehS96BeYo3zK_iOV1y2mHzwt55Wt0SQNJ69Gl7gGWrA2gJ7QfYOJlqP__L_z8rv6cFM9G3W7eTRFICSey0Yd8wfazASZN_8mxYxavqrucsnPSSY0mf6kvz9hBDkPwJ97urV/s72-w276-c-h400/IMG-20201017-WA0266.jpg
Kanal Jatim
http://www.kanaljatim.com/2020/10/gubernur-khofifah-serahkan-bansos-di.html
http://www.kanaljatim.com/
http://www.kanaljatim.com/
http://www.kanaljatim.com/2020/10/gubernur-khofifah-serahkan-bansos-di.html
true
9142114500592638212
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy