Aktivis Pelestari Wilis Inisiasi Gerakan Selamatkan Mata Air

NGANJUK-Gerakan Selamatkan Mata Air terus dilakukan para aktivis pelestari Wilis dibeberapa tempat. Setelah pada minggu-minggu sebelumnya ak...


NGANJUK-Gerakan Selamatkan Mata Air terus dilakukan para aktivis pelestari Wilis dibeberapa tempat. Setelah pada minggu-minggu sebelumnya aksi di adakan di daerah Kediri, Tulungagung, Ponorogo, dan Trenggakek, kini aksi serupa kembali di gelar di Kabupaten Nganjuk.

Kurang lebih sebanyak 70 personil perwakilan aktivis pelestarian wilis dari LPBI NU, Banser, MPA Duta Wilis, Bayu Arca Pada, Destana Desa Bareng serta Pelestari Kawasan Wilis (Perkawis) hadir dalam kegiatan yang di gelar di Pos 2 pendakian puncak Jontani di Desa Bareng, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk. Minggu (17/1/2021) pagi.

Penamaman pohon kali ini di pilih jenis Bambu dan Beringin. Ratusan bibit pobon Bambu dan Bringin di tanam di areal hutan lindung di sekitar mata air Desa Bareng.

Menurut Tofan Ardi, salah satu peserta Aksi Selamatkan Mata Air dari Perkawis mengatakan, penanaman bibit pohon bersama para aktivis pelestari wilis itu dilakukan mengingat saat ini di daerah pegunungan Wilis kondisinya sudah tidak baik. Banyak pohon mati dan bahkan dibeberapa lokasi hutan gundul.

"Predikat Wilis sebagai Gunung Air bukanlah mitos, komplek pegunungan Wilis memiliki 38 air terjun. Namun kini banyak sumber air yang mengalami masalah kritis. Maka, kami bersepakat bersama teman-teman untuk terus mengadakan penanaman di semua wilayah kawasan Gunung Wilis, "paparnya.

Lebih lanjut pentolan Pelestari Kawasan Wilis itu mengungkapkan jika sekarang banyak hutan di areal pegunungan Wilis yang sudah alih fungsi sehingga sejumlah mata air di gunung wilis kian kritis.

"Dari tahun ke tahun sumber mata air mulai berkurang akibat deforestasi. Harapan kami gerakan penahan pohon bukan sekedar seremonial saja, tapi harus dirawat dan juga harus ada pemantauan supaya nanti bisa bermanfaat untuk hutan, lingkungan, dan tentunya masyarakat sekitar, "lanjutnya.

Semoga langkah ini semakin menguatkan dan meneguhkan kita semua, lanjut Tofan, sebab tanpa bergerak bersama niscaya apa yang kita inginkan wilis menjadi cagar budaya dan sebagai sumber mata air akan sirna, "tandas Tofan Ardi. (dir)

COMMENTS

Nama

Birokrasi,83,Bisnis,44,Daerah,33,Desa,8,Gaya Hidup,48,Headline,737,Hukum,23,Kesehatan,14,l,1,NU,61,Olahraga,11,Opini,2,Parlemen,34,Pendidikan,54,PilgubJatim,11,Pilkada,28,Pilpres,10,Politik,138,Religi,40,Sosial,130,video kanal jatim,2,
ltr
item
Kanal Jatim: Aktivis Pelestari Wilis Inisiasi Gerakan Selamatkan Mata Air
Aktivis Pelestari Wilis Inisiasi Gerakan Selamatkan Mata Air
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhhQFbHIHgI6XP1Aic16Hf4zTi_Ldm7aUvVTCxzgalZf-2g8IFBWbVGUs_YkdZqVC0bLvQxsDAbv1oZw7IAjNypX_XBPVQdIdr1LuBf4LIQVrAXPiRJQml4FLNVkti04sle5lBnYupDVKl5/s320/FB_IMG_1611079293667.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhhQFbHIHgI6XP1Aic16Hf4zTi_Ldm7aUvVTCxzgalZf-2g8IFBWbVGUs_YkdZqVC0bLvQxsDAbv1oZw7IAjNypX_XBPVQdIdr1LuBf4LIQVrAXPiRJQml4FLNVkti04sle5lBnYupDVKl5/s72-c/FB_IMG_1611079293667.jpg
Kanal Jatim
http://www.kanaljatim.com/2021/01/aktivis-pelestari-wilis-inisiasi.html
http://www.kanaljatim.com/
http://www.kanaljatim.com/
http://www.kanaljatim.com/2021/01/aktivis-pelestari-wilis-inisiasi.html
true
9142114500592638212
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy