Ombudsman - Mas Eri Bahas Pengaduan Warga

SURABAYA - Ombudsman RI (ORI) Jawa Timur mengadakan kunjungan ke Pemkot Surabaya, Rabu (13/10/2021), untuk berkoordinasi penyelesaian dua pe...


SURABAYA - Ombudsman RI (ORI) Jawa Timur mengadakan kunjungan ke Pemkot Surabaya, Rabu (13/10/2021), untuk berkoordinasi penyelesaian dua pengaduan warga. Pengaduan itu berkaitan dengan penertiban kawasan wisata religi Ampel dan pengelolaan bekas pusat perdagangan elektronik Hitech-Mall.

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jawa Timur Agus Muttaqin didampingi Kepala Keasistenan Bidang Pemeriksaan A. Khairuddin, Kepala Keasistenan Bidang Penerimaan Verifikasi Laporan (PVL) A. Azmi Musyaddad, dan Asisten Pemeriksa M. Dianto.

Agus dkk diterima langsung oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi yang didampingi oleh Kasatpol PP Eddy Christijanto dan Kepala Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah Pemerintah Maria Theresia Ekawati Rahayu.

Agus mengatakan, dalam pertemuan tersebut pemkot memastikan akan menindaklanjuti dua pengaduan tersebut. Bahkan khusus pengelolaan Hitech-Mall, sudah ada penyelesaian dengan telah diserahkannya fotokopi dokumen pengelolaan yang diminta pelapor.

Sedang untuk pengaduan warga Ampel, pemkot berjanji akan melaksanakan penertiban dengan melibatkan semua stake-holder kawasan tersebut.  

‘’Kami apresiasi tanggapan pak wali (pemkot) yang sangat kooperatif dengan Ombudsman selaku lembaga negara pengawas mengawasi pelayanan publik. Dalam pertemuan tersebut, kami juga mencari solusi terbaik atas dua pengaduan warga Surabaya tersebut. Jangan sampai penyelesaian pengaduan itu justru memunculkan masalah baru,’’ ujar Agus.  

Menurut dia, antusiasme warga Surabaya yang mengadu seputar layanan publik ke Ombudsman relatif cukup tinggi. Selama 2020, total ada 130 warga Surabaya yang melapor ke Ombudsman. Pihak terlapor tidak hanya Pemkot Surabaya, tetapi juga penyelenggara layanan publik lainnya. 

Diantaranya, Polda Jawa Timur (urusan kepolisian), Kanwil Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jawa Timur (urusan pertanahan), dan instansi lainnya.

‘’Mayoritas pengaduan itu terselesaian. Artinya, dari proses pengujian dokumen dan klarifikasi ke terlapor, memang ada yang terbukti maladministrasi dan ada yang tidak terbukti,’’jelas mantan wartawan itu.

Dalam pertemuan itu, Agus mengapresiasi langkah Pemkot Surabaya yang berupaya terus mengembangkan sarana pengaduan internal lewat aplikasi Wargaku. Di antaranya, inisiatif wali kota yang langsung memonitor progres penanganan pengaduan melalui dashboard dan penerapan reward dan punishment terhadap instansi terlapor yang lamban/cepat menangani pengaduan. 

‘’Dalam banyak forum, aplikasi Wargaku selalu kami sampaikan sebagai bwst practice penanganan pengaduan secara internal sehingga perlu direplikasi instansi atau pemda lain. Kebetulan juga diapresiasi oleh Kemenpan-RB,’’ jelas mantan jurnalis ini.

Lebih lanjut Agus mengatakan, Ombudsman mendorong pemda terus memperbaiki sarana pengelolaan pengaduan secara internal. Sebab, dengan tersedianya penanganan pengaduan internal tersebut menjadi bukti bahwa pemda tersebut sungguh-sungguh melayani warga.

‘’Penanganan pengaduan itu bagian tidak terpisahkan dari pelayanan publik. Tidak bisa dipisahkan. Kalau penanganannya baik berarti pelayanan publiknya juga baik,’’ pungkas Agus. (dir)


caption : Agus Muttaqin, Kepala ORI Jatim diterima langsung oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi untuk berkoordinasi terkait pengaduan warga Surabaya. foto : istimewa.

COMMENTS

Nama

Birokrasi,83,Bisnis,44,Daerah,33,Desa,8,Gaya Hidup,48,Headline,737,Hukum,23,Kesehatan,14,l,1,NU,61,Olahraga,11,Opini,2,Parlemen,34,Pendidikan,54,PilgubJatim,11,Pilkada,28,Pilpres,10,Politik,138,Religi,40,Sosial,130,video kanal jatim,2,
ltr
item
Kanal Jatim: Ombudsman - Mas Eri Bahas Pengaduan Warga
Ombudsman - Mas Eri Bahas Pengaduan Warga
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiyhGgGjT16NdoyGgc1XVVpzq9JpipwufULAFIOaBa2aVdNplIFPdIIR8f3LjuQbx-x_4Q2BQH_syUSBOTKC7vBtm3G6Gxd57KeXEtcYDFaqkVwmge_Cm_tSVbP8zxrdnmnoycft9gSuS3f/s320/IMG-20211014-WA0117.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiyhGgGjT16NdoyGgc1XVVpzq9JpipwufULAFIOaBa2aVdNplIFPdIIR8f3LjuQbx-x_4Q2BQH_syUSBOTKC7vBtm3G6Gxd57KeXEtcYDFaqkVwmge_Cm_tSVbP8zxrdnmnoycft9gSuS3f/s72-c/IMG-20211014-WA0117.jpg
Kanal Jatim
http://www.kanaljatim.com/2021/09/ombudsman-mas-eri-bahas-pengaduan-warga.html
http://www.kanaljatim.com/
http://www.kanaljatim.com/
http://www.kanaljatim.com/2021/09/ombudsman-mas-eri-bahas-pengaduan-warga.html
true
9142114500592638212
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy