PCNU Tuban Gelar MKNU

TUBAN - Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur KH Marzuki Mustamar mengajak seluruh warga NU untuk tidak ragu dengan amali...


TUBAN - Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur KH Marzuki Mustamar mengajak seluruh warga NU untuk tidak ragu dengan amaliyah yang biasa dilakukan di kalangan NU.

Misalnya dalam ibadah, atau hal-hal lain terkait ibadah. Seperti soal hadas kecil dan hadas besar, perkara yang membatalkan wudhu, soal bacaan dzikir dan lainnya. Sebab, setiap amaliyah ibadah yang dilakukan di kalangan NU ada dasarnya, baik hadist maupun ayat dalam Alquran. 

Hal itu disampaikan Kiai Marzuki saat membuka Madrasah Kader Nahdlaltul Ulama (MKNU) di Tuban, Jumat (21/1/2022). Acara digelar di gedung KH Hasyim Asy’ari kompleks Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban.

‘’Jadi jangan ragu dan jangan  meragukan. Kabeh ono dasare,’’ ujar Kiai Marzuki.

Sebelum membuka secara resmi MKNU yang digelar oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Tuban ini, Kiai Marzuki sengaja memberi penguatan ke-NU-an pada para peserta. Kiai asal Malang tersebut mengaji kitab yang disusunnya. Bab, yang dibaca di antaranya adalah soal batalnya wudhu ketika bersentuhan dengan seseorang yang bukan muhrimnya. 

‘’Meski ada yang mengatakan bersentuhan dengan orang yang bukan muhrim tidak membatalkan wudhu, namun bagi NU itu membatalkan wudhu. Ada dasarnya,’’ urai Kiai Marzuki.

Hal lain yang juga ditekankan adalah soal berdoa, wiridan, termasuk pujian berisi soal atau dzikir setelah adzan sambil menunggu iqomah. Kiai Marzuki membeberkan ada hadist sohih yang menjelaskan itu. Sesuai hadist tersebut, bahkan Nabi Muhammad menganjurkan.

‘’Jadi malah disunahkan. Kalau ada yang bilang bid’ah atau sebagainya jangan didengar. Dasarnya ada,’’ tandasnya.

Terkait dengan organisasi NU, menurut Kiai Marzuki, memang sudah seharusnya mulai ditata siapa yang bisa menjadi pengurus NU. Misalnya untuk pengurus cabang, mestinya diisi dengan orang yang pernah menjadi pengurus harian di MWC, atau banom dan lembaga di bawahnya.

‘’Ya minimal pernah menjadi pengurus harian. Karena banyak yang belum mengikuti jenjang pengkaderan yang jelas tiba-tiba menjadi pengurus,’’ ungkapnya.

Menurut Kiai Marzuki, MKNU adalah satu proses pengkaderan yang harus diikuti oleh para kader NU.

Sementara, Ketua MKNU PWNU Jawa Timur Drs. KH. Abdul Mujib Syadzili, M.Si menambahkan, MKNU di Tuban ini adalah MKNU yang ke-42 di Jawa Timur. Jumlah cabang NU di Jawa Timur ada 45 cabang.

Dalam MKNU yang digelar selama 3 hari itu, lanjut dia, ada 12 materi yang akan diberikan. Materi tersebut bisa menjadi bekal untuk ngurus jam'iah (organisasi) dan jamaah. 

‘’Bagaimana caranya jam’iyah dan jamaah ini bisa padu, akan kita bahas nanti,’’ katanya.

Gus Mujib panggilan akrabnya mengatakan, sikap, pola pikir, tindakan dan semangat kader NU akan berubah setelah mengikuti MKNU. Akan berbeda dibanding dengan kader yang belum ikut MKNU. Karena itu, MKNU yang merupakan bentuk pengkaderan di NU harus diikuti oleh kader-kader NU. 

‘’Salah satu ajaran di NU adalah akhlaqul karimah, dan itu yang tidak dimiliki di tempat lain,’’ tandasnya.

Ketua panitia MKNU Drs. Imam Supriyadi, M.Pd.I mengatakan, MKNU diikuti lebih dari 170 peserta. Mereka berasal dari pengurus cabang, MWC, banom, lembaga dan dari IAINU. MKNU dilaksanakan selama tiga dengan narasumber atau fasilitator dari PWNU Jawa Timur dan PBNU.(dir)

COMMENTS

Nama

Birokrasi,49,Bisnis,28,Daerah,28,Desa,3,Gaya Hidup,39,Headline,516,Hukum,20,Kesehatan,11,NU,30,Olahraga,7,Opini,1,Parlemen,19,Pendidikan,34,PilgubJatim,11,Pilkada,27,Politik,102,Religi,25,Sosial,112,video kanal jatim,2,
ltr
item
Kanal Jatim: PCNU Tuban Gelar MKNU
PCNU Tuban Gelar MKNU
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgdEq6Bee-UwrjUn4xwlh33Rq7bf4SeceF57ZO4e3L4r-ErsTzCpKwaWpCl0by9I7HQOwfbNtwEC6_9QAsbjCnmrjIgiJMRM94YhfxKdqgep4yt2IQVoEDNJKYRK2IPLFAqkkmcys_tYSWK_w2jW-4xtt_wFEUpILO-8o3wkDgzPLtG1xp4z2KABYgRaw=s320
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgdEq6Bee-UwrjUn4xwlh33Rq7bf4SeceF57ZO4e3L4r-ErsTzCpKwaWpCl0by9I7HQOwfbNtwEC6_9QAsbjCnmrjIgiJMRM94YhfxKdqgep4yt2IQVoEDNJKYRK2IPLFAqkkmcys_tYSWK_w2jW-4xtt_wFEUpILO-8o3wkDgzPLtG1xp4z2KABYgRaw=s72-c
Kanal Jatim
http://www.kanaljatim.com/2022/01/pcnu-tuban-gelar-mknu.html
http://www.kanaljatim.com/
http://www.kanaljatim.com/
http://www.kanaljatim.com/2022/01/pcnu-tuban-gelar-mknu.html
true
9142114500592638212
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy