Gubernur Khofifah Ajak Aktivis PMII Perbanyak Inovasi dan Sinergi

BANYUWANGI - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak pemuda dan mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indo...


BANYUWANGI - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak pemuda dan mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) untuk terus berinovasi dan improvisasi serta sinergi menghadapi berbagai tantangan dinamika global. Khususnya terhadap ancaman krisis energi, krisis pangan, dan krisis keuangan yang berdampak pada inflasi yang cukup tinggi di beberapa negara. 

Menurutnya, sudah menjadi keharusan bagi pemuda untuk ikut bersama-sama memiliki bekal dan kesiapan menghadapi tantangan global ini. Oleh karena itu ia berpesan kepada mereka agar jangan pesimis menghadapi tantangan ini, tapi membangun optimisme dan  terus menggali potensi diri dengan melakukan banyak inovasi dan improvisasi serta sinergi.

"Mari kita lakukan pemetaan seberapa banyak kita punya potensi baik itu SDA maupun SDM untuk bisa memberikan penguatan di sektor pangan,  sektor  energi maupun sektor keuangan," kata Gubernur Khofifah, Selasa (23/08/2022).

Hal tersebut disampaikan Tokoh Nahdliyin Inspiratif 2022 versi Forkom Jurnalis Nahdliyin itu, usai menghadiri Sarasehan Pergerakan Bersama Gubernur Jawa Timur dengan tema "Pembangunan dan Demokrasi dalam Harmoni Pergerakan" yang diselenggarakan PKC PMII Jawa Timur di Pendopo  Banyuwangi.

Khofifah mengungkapkan, prediksi tentang krisis energi telah disampaikan oleh Gus Dur sejak menjabat sebagai Presiden pada tahun 2000. Artinya krisis energi ini telah lama diprediksi dan upaya konversi energi dari fosil ke energi baru terbarukan harus terus diupayakan.

"Inovasi menjadi penting, karena itu adanya BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) membuat inovasi - inovasi untuk mengkonversi energi dari fosil harus terus dilakukan. Dan kita memiliki kemampuan untuk itu," ujarnya.

Orang nomor satu di Jatim ini menjelaskan, inovasi penting dilakukan sebagai bentuk upaya untuk menghadapi dinamika global. Karena ia menilai demokrasi dan pergerakan dunia saat ini sangat dinamis, bahkan di beberapa titik cukup interaktif.

"Oleh karena itu eling lan waspodo (Ingat dan waspada) itu bahasanya Pak Presiden, itu juga yang sebenarnya saya ingin breakdown lebih detail agar terukur," tandasnya.

Lebih lanjut Gubernur Khofifah menjelaskan bahwa SDM dan SDA yang dimiliki harus kembali dipetakan serta diidentifikasi. Termasuk berbagai energi potensial seperti hydropower maupun sumber daya alam lainnya. 

"Bagaimana kita mengkonversi dari energi berbasis fosil ke energi terbarukan, Apakah berbasis air kita punya seperti hydropower, ini potensi yang luar biasa," jelasnya.

Mantan Menteri Sosial RI ini menerangkan, PMII dan para pemuda Jawa Timur bisa memulai inovasinya dengan mencari sektor yang sesuai dengan passion mereka. Lalu mengambil peran didalamnya.

"Identifikasi saja, jadi mereka yang mungkin ada _passion_ atau mungkin memang jadi basisnya di sektor pangan ya mereka akan menyiapkan diri di sektor itu," terangnya.

Tak hanya itu, Khofifah juga mengajak para aktivis tersebut memiliki pemikiran terbuka dan tidak merasa bahwa dirinya adalah seseorang yang 'paling' diantara semuanya.

"Karena kalau sudah merasa dirinya 'paling' maka sesungguhnya  kalian sedang berada di titik sebaliknya," tegasnya.

Sementara, Ketua ikatan Sarjana NU Prof. Mas'ud Said mengungkapkan sosok seorang pemimpin yang tepat saat ini adalah sosok yang memiliki 4 kriteria ideologi. Yaitu mempunyai idealitas ideologis, idealitas sosial politik,  idealitas akademik, dan idealitas integritas diri. 

"Oleh karena itu orang yang tepat untuk menjadi pemimpin itu orang yang memiliki idealitas ideologis, idealitas sosial politik, idealitas akademik, dan idealitas integritas diri, dan orang yang punya itu semua ada pada diri Gubernur Khofifah," ucapnya.

Sementara itu Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menyampaikan terima kasih atas kehadiran Gubernur Khofifah ke Kabupaten Banyuwangi. Meskipun ini bukan kali pertama Gubernur Perempuan Pertama di Jatim ini menginjakkan kakinya di Banyuwangi, tetapi setiap kedatangannya selalu bisa membawa motivasi, inspirasi dan semangat bagi masyarakat di Kabupaten Banyuwangi.

Turut hadir Bupati Banyuwangi, Wakil Bupati Banyuwangi, Sekda Kabupaten Banyuwangi, Forkopimda Kabupaten Banyuwangi, Staf Ahli Gubernur Jawa Timur Bidang Kesra, Ketua Umum PMII Jatim, Sekretaris Umum PKC PMII Jatim, IKA PMII Banyuwangi, Pengurus Cabang PMII se- Jawa Timur. (dir)


caption : Sarasehan Pergerakan Bersama Gubernur Jawa Timur dengan tema "Pembangunan dan Demokrasi dalam Harmoni Pergerakan" yang diselenggarakan PKC PMII Jawa Timur. foto : istimewa.

COMMENTS

Nama

Birokrasi,83,Bisnis,44,Daerah,33,Desa,8,Gaya Hidup,48,Headline,737,Hukum,23,Kesehatan,14,l,1,NU,61,Olahraga,11,Opini,2,Parlemen,34,Pendidikan,54,PilgubJatim,11,Pilkada,28,Pilpres,10,Politik,138,Religi,40,Sosial,130,video kanal jatim,2,
ltr
item
Kanal Jatim: Gubernur Khofifah Ajak Aktivis PMII Perbanyak Inovasi dan Sinergi
Gubernur Khofifah Ajak Aktivis PMII Perbanyak Inovasi dan Sinergi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgWvwgwt_hFPd1BYMF_t-mITY1ze-4DwbFW8QsShG6vU--KNlOIQcfNQI03YrlJGOIW52R4uqu3Dg7rmY2VacDFHAoaEVs3SSvEfnke3fsXepbrypLHBqItxHkE7gJukAxatOCtdYGkCbZop8fx7zKuINovntMVMFEmxFL5bcBVuc_ONDOE5AdrONu76Q/s320/IMG-20220823-WA0195.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgWvwgwt_hFPd1BYMF_t-mITY1ze-4DwbFW8QsShG6vU--KNlOIQcfNQI03YrlJGOIW52R4uqu3Dg7rmY2VacDFHAoaEVs3SSvEfnke3fsXepbrypLHBqItxHkE7gJukAxatOCtdYGkCbZop8fx7zKuINovntMVMFEmxFL5bcBVuc_ONDOE5AdrONu76Q/s72-c/IMG-20220823-WA0195.jpg
Kanal Jatim
http://www.kanaljatim.com/2022/08/gubernur-khofifah-ajak-aktivis-pmii.html
http://www.kanaljatim.com/
http://www.kanaljatim.com/
http://www.kanaljatim.com/2022/08/gubernur-khofifah-ajak-aktivis-pmii.html
true
9142114500592638212
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy